Senin, 11 April 2011

Buka Aurat dengan Kaidah "Adh Dhorurotu Tubihul Mahzhurot"? Bolehkah?

Buka Aurat dengan Kaidah "Adh Dhorurotu Tubihul Mahzhurot"? Bolehkah?
Oleh : Yazid Awlawi

Kemajuan zaman pada masa kini rupanya banyak kebudayaan-kebudayaan yg masuk ke Indonesia, dari kebudayaan-kebudayaan tersebut ada yg positif dan ada jg yg negatif. Salah satunya saja"Membuka Aurat bagi Wanita". Non Muslim tidak ada larangan untuk membuka aurat dan jg negara-negara Eropa yg bukan merupakan negara Islam. Nampaknya, hal tersebut yg sekarang sdh mewabah bg Akhwat Muslimah saat ini. Banyak Akhwat yg membuka aurat dari kaum remaja, bahkan sampai kaum dewasa.


Ada pertanyaan seprti ini : Apakah boleh kita mengambil dalil dengan Qoidah " Kedharuratan itu, membolehkan yg dilarang", atau Qoidah "Apabila urusan itu sempit maka menjadi Longgar", untuk memperbolehkan keluarnya perempuan dengan membuka auratnya di samping lelaki lain, karena telah menjadi biasa di Indonesia? Atau tidak?

Orang perempuan membuka auratnya di hadapan laki2 ajnabi atau orang yg haram melihatnya, sudah maklum, hukumnya adalah haram. Sekiranya pabrik tekstil dan bahan2 pakaian di dunia ini sudah tutup semua, dimana tidak didapatkan lagi kain penutup aurat, tetapi jika masih ada pohon pisang tumbuh dan pohon waru masih berdaun, wajiblah ditutup walaupun dgn daun pisang atau jati. Kl phon pisang sdh tdk berdaun, phn waru sdh kering, bolehlah wanita itu menguraikan rambutnya, dan meletakkan kedua belah tangannya ke tempat yg vital, krn mengamalkan Qoidah " Al Maisuru La Yassquthu bil Ma'shur" artinya " Yg mudah dilakukan itu tdk gugur dengan sebab yg sukar dilakukan"


Sebagaimana sabda Rasulullah saw. : Idza amartukum bi-amrin fa'tu minhu mastho'tum,  artinya Apabila aku perintahkan kamu dgn satu perintah, maka lakukanlah olehmu daripadanya sepanjang kemampuan yg ada padamu. 


Di Kota Jakarta, yg mana kita tahu kota metropolitan yg serba ada ini, dimana bukan hanya kemungkinan mudah menutup aurat sekujur badan wanita dengan pakaian yg layak dan mu'tabar menurut mizan Syar'i, jg jg mungkin buat membungkus tiap wanita dgn sepuluh piece kain yg bercorak ragamnya ( krn sangking kayanya kali ni orang atau kedinginan ) hehe..  Kalo g puas dgn selapis, dan dimana segala keperluan hidup, barang2 dagangan bs dipesan segera sampai d rmh melauli telefon ( bhkan dh bnyk HP yg lbh praktis, ditambah lg ada facebook. Kl perusahaan2 terobosan baru ). 


Sehingga wanita2, ibu-ibu, atau para remaja tidak lagi perlu ke toko atau ke pasar, kalo bosen menutup bagian2 badan yg diharamkan Allah untuk membukanya di jalan raya, dan klo sekiranya kehabisan duit buat beli kain penutup aurat, krn abis buat beli alat2 kosmetik yg serba kumplit, yg nantinya jg bakal dipamerin k org2 yg bkn mahromnya, yg akhirnya dosa, dari dosa ke dosa, yg membawa adzab yg pedih dr kita oleh kita ini, maka Jangan terlalu gegabah mempergunakan Qoidah-Qoidah yg telah dirumusin para Ahli Ushul Fiqih! , untuk hal-hal yg bukan seharusnye. Dharurat apa bagi wanita untuk tidak menutup auratnya? Kalau emang begitu, siape yg ngajarin?


Emang ada Qoidah-Qoidah kaya tadi yang dirumuskan para Ahlai UShul Fiqih, tapiiiiiii.......  bukan yg dimaksud sempit disini , kepicikan dan kesempitan hati wanita buat nerima hukum syara' yg sangat bertentangan dengan hawa nafsu untuk memamerkan tubuh.


Kalo emang mau buka aurat, bkn saya mempersilahkan, tapiii... kalo udh g bisa dilarang, jangan make dalil-dalil ama Qoidah-Qoidah buat keperluan ma'shiyat ini, tapi takut ama Allah.  Ya Ayyuhannasu. Ittaqullah, Wastaghfiru robbahu Innahu kaana Ghoffaro.

Sekian dah yg bisa saya tulis begini, juga mohon maaf jika menyinggung perasaan tapi ini untuk tujuan yg baik dan untuk kebaikan para pembaca sekalian!


Semoga ini dapat difahami dan diamalkan. Wallahu Yahdi ila sawa-is Sabil !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar